Tags

, , , , ,

Pandeglang adalah sebuah kabupaten di provinsi Banten yang potensi Wilayahnya pegunungan dan perbukitan serta pantai yang cukup luas oleh karenanya rata-rata penghidupa masyarakat Pandeglang berasal dari pertanian, nelayan dan perdagangan. Berbicara pertanian di Pandeglang khususnya pertanian padi (Pesawahan). Maka kita akan menemukan hal unik yang ketika petani mulai memasuki masa panen. 

Sebagian masyarakat Pandeglang contohnya di Desa Tenjolahang kecamatan Jiput menyebut kata menuai padi yaitu dengan kata Ngagebot, yaitu proses pemisahan buah padi dari pohonnya dengan cara memukul-mukul​ kan satu ikat pohon padi ke kotak yang terbuat dari kayu hingga buah padi terpisah dari pohonnya. Kotak kayu biasanya berdiameter 2 (Dua) meter persegi, Jika kotak sudah terisi penuh oleh biji padi maka padi akan dimasukkan kedalam karung.

Jika proses ngagebot telah selesai, petani akan segera menjemur padi di bawah sinar matahari sampai buah padi kering dan siap di giling, setelah sebelumnya​ menyimpan sebagian padi untuk dijadikan bibit untuk ditanam kembali.

Ngagebot adalah mata pencaharian sebagian warga Pandeglang yang membutuhkan kekuatan fisik dan tenaga kuat karena meskipun terik matahari atau hujan turun ngagebot harus tetap dilakukan, meskipun demikian rasanya tidak berimbang antara tenaga yang dikeluarkan dengan upah yang tidak diterima. Semoga pertanian di kabupaten Pandeglang kedepannya bisa lebih maju dengan memanfaatkan teknologi tepat guna dengan harapan akhir mensejahterakan petani di wilayah Kabupaten Pandeglang-Banten

Follow Me:

@oji_fahrur

Oji Fahruroji

Advertisements