Tags

Tanah airku 

Indonesia

Aku akan setia padamu

Meski tak kumiliki lagi tanah untuk ditinggali istri dan anakku

Aku rela menumpang tanah milik tetangga
Agar aku tetap tinggal di Tanah airku Indonesia

Tak sudi jika harus pergi

Karena tanahku negeriku yang kucinta ini
Hiduplah Negeriku Indonesia
Jika tuan tanah yang kutumpangi 

Robah hati mengusirku dari tanahnya 

Aku akan pergi tapi tetap di negeriku tercinta

Indonesia kebangsaanku 
Bangsa dan tanah airku 

Meski tak satu jengkalpun tanah yang kumiliki

Namun aku rela mencintaimu sepenuh hati

Tanah airku Indonesia raya

Jayalah karena kau kaya dan merdeka 

Meski tak satu jengkalpun tanah yang kumiliki

Semoga kau tetap menerimaku sebagai bagian jiwa Indonesia

Rumah sangat sederhana berlantaikan tanah yang tanahnyapun milik tetangganya. Dipotret dari kawasan wisata Ujung Kulon saat menjenguk warga yang sakit namun tak mampu berobat. Oleh: Oji Fahruroji

Sebuah puisi Ironi:

Indonesia Tanah airku

Negara kaya dan merdeka

Namun ternyata masih banyak rakyatnya tak memiliki tanah ataupun tempat tinggal.

Oleh: Oji Fahruroji

