PROFIL
TAMAN BACA MASYARAKAT SAUNG ANAK PINTAR
GERAKAN PEMUDA CARINGIN-BANTEN
TBM SAPIR GPC-BANTEN
Jalan Raya Pagelaran KM. 05 Desa Bama-Pagelaran CP. 083813735041/087774135045 Email tbmsapirgpcbanten@gmail.com Kode Pos 42265

image

PENDIRI TBM SAPIR GPC-BANTEN

I. Pendahuluan
Membaca adalah sebuah kebutuhan bagi setiap individu, dengan membaca seseorang akan medapatkan pengetahuan yang luas dan dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang, pentingnya kegiatan membaca juga di perintahkan dalam ajaran islam kepada umatnya. Perkembangan pendidikan dari peradaban ke peradaban selanjutnya dimulai dengan cara sederhana mulai dari antar individu, majelis, pesantren, sekolah dan perguruan tinggi sampai pada model pendidikan yang kita kenal saat ini dengan fasilitas dan sistem yang terus berkembang. Tujuan pendidikan adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana yang termaktub dalam prembule UUD 1945 sehingga dapat membangun peradaban yang maju untuk memenuhi kebutuhan hidup yang baik bagi bangsa Indonesia, Keberadaan lembaga pendidikan yang maju saat ini dengan didukung sarana dan fasilitas sedemikian rupa dan sumber daya manusia yang memiliki kualitas tinggi belum mampu meningkatkan kualitas/tingkat pendidikan manusia karena faktanya tingkat pendidikan manusia di beberapa negara masih sangat rendah termasuk Indonesia.
Kehadiran Taman Baca Masyarakat (TBM) ditengah-tengah masyarakat untuk mendukung tujuan utama yaitu mencerdaskan kehidupan manusia dapat dikatakan sebagai bentuk sumbangsih terhadap sistem pendidikan yang telah diupayakan negara. Hal inilah yang mendasari didirikannya Taman Baca Masyarakat (TBM) Saung Anak Pintar (SAPIR) yang dirintis oleh pengurus Gerakan Pemuda Caringin-Banten (GPC-Banten) pada 06 Mei 2015 di Kampung Kadu Payung Rt/Rw 002/001 Desa Bama Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pandeglang-Banten.

II. Landasan Hukum
a. Amanat Pembukaan UUD Tahun 1945
b. Undaang-Undang Dasar Tahun 1945 Pasal 31
c. Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

III. Sejarah singkat
Berdirinya Taman Baca Masyarakat Saung Anak Pintar (TBM SAPIR) dipelopori oleh pengurus Gerakan Pemuda Caringin-Banten (GPC-Banten) dan menjadi program kerja Bidang Pendidikan dan Penelitian periode 2014-2015, Kepedulian terhadap pendidikan di tengah-tengah masyarakat yang tergolong masih tertinggal sehingga mendorong pemuda/i yang tergabung di wadah GPC-Banten untuk mendirikan perpustakaan bagi masyarakat di Kp. Kadu Payung Rt/Rw 002/001 Ds. Bama Kec. Pagelaran Kab. Pandeglang-Banten. Setelah melakukan komunikasi dengan tokoh masyarakat dan aparatur desa serta muspika dan persiapan pengadaan fasilitas dan akhirnya pada hari rabu, 06 Mei 2015 TBM SAPIR GPC-Banten diresmikan oleh Muspika Kecamatan Pagelaran dengan dihadiri oleh Aparatur Desa, Tokoh Masyarakat dan warga setempat yang bertempat di pelataran mesjid jami Nurul Huda sekaligus tempat perpustakaannya.
Dokumentasi Peresmian TBM Sapir, Pengurus GPC-Banten bersama  Muspika, Aparatur Desa Bama, Tokoh Masyarakat dan Warga. (06 Mei 2015)

Setelah diresmikannya TBM SAPIR GPC-Banten dan pembentukan pengelola yang bertanggungjawab dalam tertib administrasi dan pelayanan terhadap para pengunjung, selain pengadaan buku TBM SAPIR diisi pula dengan kegiatan privat yang dilaksanakan dalam satu minggu sekali tepatnya pada hari jum’at pukul 16.00 WIB dengan sasaran usia pelajar.

IV. Visi Misi
a. Visi: Menjadikan Taman Baca Masyarakat Sebagai  Wadah Pengembangan Potensi Diri Bagi Masyarakat Sebagai Bentuk Perjuangan dalam Rangka Mencerdaskan Kehidupan Bangsa.
b. Misi: 1. Memfasilitasi tempat perpustakaan yang nyaman, 2. Menyediakan bahan bacaan yang lengkap, 3. Memberikan privat bagi pelajar, 4. Memberikan pelatihan keahlian khusus.

V. Filosofi:
Nyaangan Kanu Poekeun
Nulung Kanu Butuh
Ngajait Kanu Titeuleum
Ngahudangkeun Kanu Labuh

VI. Struktur Organisasi
Penanggung jawab
Ketua Gerakan Pemuda Caringin-Banten: Oji Fahruroji, S. Sy

Pengelola TBM SAPIR
Ketua : Aminudin, S. Pdi
Sekretaris : Dadan Hadi Saputra
Bendahara : Hikmatul Majid
Bidang Pelayanan : Agung Mulkinzie
Bidang Teknis : Nurrohman
Bidang Privat : Hendar Kiswanto, S.Hum

VII. Fasilitas
No Nama Volume Keterangan
1 Ruang TBM 3×6 Pelataran Mesjid
2 Rak Buku 4
3 Kursi & Meja 5
4 Papan Tulis 1
6 Papan Informasi 1

VIII. Koleksi Perpustakaan
No Nama Buku Volume
1 Karya Umum 280
2 Filsafat dan Psikologi 120
3 Agama 175
4 Ilmu-Ilmu Sosial 120
5 Bahasa 50
6 Ilmu-ilmu Murni 170
7 Ilmu Terapan 60
8 Kesenian, Hiburan dan Olahraga 50
9 Kesusastraan 30
10 Majalah 10

IX. Sasaran
Sasaran TBM SAPIR GPC-Banten yaitu warga masyarakat desa Bama, baik anak-anak (pelajar) dan umum baik dari warga setempat maupun dari luar desa.

X. Kegiatan Perpustakaan
Kegiatan perpustakaan TBM SAPIR GPC-Banten yaitu dunia baca dan menulis serta kegiatan privat yang dilaksanakan satu minggu sekali tepatnya pada hari Jum’at Pukul 16.00 WIB, selain itu juga dilakukan kegiatan pelatihan kerajinan tangan, seni islami, adat, budaya dan yang lainnya.

Advertisements