Tags

, , , , , , , ,

Komunikasi atau proses penyampaian pesan dari dan kepada seseorang atau publik terdapat banyak jenisnya, salah satunya yaitu orasi. Orasi atau pidato adalah berbicara di depan orang banyak dengan tujuan agar diketahui dengan seksama sehingga pesan yang terkandung didalamnya diketahui pula oleh penerima informasi.

1. Pengertian Orasi

Interpretasi orasi secara etimologi yaitu Oration (English) yaitu Orasi/Pidato.
Dalam kamus besar bahasa indonesia (KBBI)
Orasi/ora·si/ n
1pidato;
2pidato pengukuhan (guru besar dan sebagainya);
3khotbah;
berorasi/ber·o·ra·si/ vberpidato; berkhotbah:sebelum acara dimulai, sejumlah reformis -; para politisi dilarang keras – di kampus-kampus.
Sedangkan secara terminologi kata Orasi memiliki arti penyampaian pendapat di depan umum tentang suatu isu.

B. Penjelasan

Orasi adalah suatu bentuk komunikasi yang sering dilakukan oleh mahasiswa, buruh, lembaga, organisasi, komunitas, aliansi dan lainnya disampaikan dalam bentuk pidato tentang suatu permasalahan yang berkembang dalam momentum demonstrasi, seminar, simposium dan kegiatan lainnya disampailkan oleh orator yang telah ditugaskan sebelumnya. Orasi banyak dilakukan dalam demonstrasi sekelompok orang/masyarakat yang dirugikan yang biasanya isi orasi tentang penolakan kebijakan pemerintah atau lembaga terkait. Bentuk orasi lainnya yaitu orasi ilmiah biasanya disampaikan oleh mahasiswa secara sistematis, dan berdasarkan bukti-bukti dan bentuk yang bisa diterima secara ilmiah.

Terimakasih
Oji Fahruroji

Follow me: @oji_fahrur

Posted from ojifahrurojiindonesiani for World.

Advertisements